Muh. hidayat. Diberdayakan oleh Blogger.

Pentingnya Memiliki Mental Kuat Dalam Berbisnis


Membangun bisnis sama seperti membangun sebuah rumah, butuh fondasi yang kuat supaya rumah tersebut berdiri dengan kokoh. Karena itulah dalam membangun bisnis, mental yang kuat pun diperlukan agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik. Tetapi kadang kala banyak hal yang membuat semangat kita menjadi kendur entah itu dikarenakan masalah modal, masalah operasional, pegawai yang tidak bisa dipercaya, klien yang kabur dan berbagai macamnya lagi. Di situasi-situasi macam itulah mental yang kuat diperlukan supaya bisnis bisa bertahan, berikut adalah beberapa faktor yang membentuk mental kuat dalam berbisnis:
1. Berpikir positif. Berpikir positif dapat dilakukan dengan cara terus menerus menanamkan kalimat  positif untuk diri sendiri misalnya jika selama ini kita menilai diri sendiri tidak mampu untuk menjalankan bisnis, cobalah mengucapkan kata “Saya bisa dan saya mampu” setiap kali pikiran negatif Itu datang. Cara demikian sangat membantu untuk mengenyahkan keraguan dan membiasakan kita berpikir positif tentang diri sendiri.
2. Tidak mudah menyerah. Setiap bisnis apapun baru akan berhasil jika kita tekun melakukannya dan tahan banting saat mengelolanya. Pupuklah sikap ini dengan cara menegaskan dalam diri kita sendiri untuk selalu bangkit  dan kembali berlari setiap kali tertimpa masalah dengan mengatakan pada diri sendiri, “Saya Bisa”.
3. Mau selalu belajar. Kita perlu belajar dari siapapun, terutama dari pesaing kita. Bacalah majalah bisnis, ikuti berita, perkembangan mode dan lakukan riset pasar untuk mengetahui barang apa yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Berbisnis memang harus menjadi ajang  pembelajaran yang berkesinambungan.
4. Keberanian mengambil resiko. Berani mengambil resiko berarti berani keluar dari zona nyaman. Banyak pengusaha yang mengalami jatuh bangun di tahun-tahun awal bisnisnya. Itu adalah resiko yang harus dijalani oleh mereka, namun mereka tidak berputus asa melainkan mereka memandang resiko itu sebagai jalan untuk maju dan menjadikannya sebagai tantangan bukan penghalang baginya.
5. Kemampuan bersaing dengan sehat. Kita tidak perlu menjatuhkan lawan bisnis dengan cara menjelek-jelekan mereka, menyebar desas desus atau fitnah yang tidak  diketahui asal usulnya.
6. Keberanian mengemukakan pendapat. Tanpa keberanian, ide-ide kita akan sulit diterima. Banyak pengusaha yang awalnya diragukan banyak orang karena idenya dianggap tidak lazim, namun mereka tetap yakin dengan pendapatnya tanpa memperdulikan opini orang lain sehingga lama-kelamaan banyak orang yang akhirnya percaya dengan ide-ide mereka.
7. Kemampuan bekerja dalam tim. Sebagai pengusaha, kita akan bekerja sama dengan banyak orang baik itu keluarga, karyawan, klien, supplier, media atau lainnya. Untuk dapat bekerja sama dengan baik dalam sebuah tim kita perlu mengenali kelebihan serta tipe kepribadian mereka agar  kita bisa menempatkan setiap orang dalam posisi yang sesuai. Memilih dan menempatkan orang yang tepat akan membuat bisnis kita berjalan optimal.
8. Kemampuan menangani masalah. Bekerja dengan banyak orang yang memiliki watak berbeda-beda sangat potensial memunculkan banyak masalah. Oleh karena itu kamu perlu mempelajari teknik-teknik mengendalikan masalah, keterbukaan dan cara berkomunikasi yang baik agar setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik.

sumber : http://jdacommunity.com/tag/tips-berbisnis/

0 komentar:

Posting Komentar