Muh. hidayat. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengapa berbisnis melalui internet/online?



Menjalankan bisnis tidak dipengaruhi faktor usia. Siapa saja bisa memulai menjadi wirausaha sukses, asalkan punya kemauan. Pada usia muda sekalipun, usaha bisa dijalankan bahkan lebih sukses dari pengusaha yang lebih tua. Terlebih, akses internet yang kian murah semakin memberi kemudahan lahirnya seorang entrepreneur muda.
Usaha gratis dari internet
Sejak internet lahir, komunikasi menjadi semakin mudah dan murah sehingga arus jual beli dipermudah. Siapa saja bisa mengakses internet. Kini, internet yang semakin murah dan mudah dijangkau menjadikannya menjadi salah satu alternatif pemasaran usaha, bahkan alternatif utama. Internet menjangkau seluruh orang di dunia tanpa memerlukan biaya mahal. Kita bisa memperoleh akses internet gratis di banyak lokasi seperti toko kelontong moderen, kampus, hingga ruang belajar umum.
Lonjakan pengguna internet
Internet berpotensi menambah lonjakan jumlah pengusaha muda Indonesia. Pasalnya, Indonesia sendiri memiliki pengguna internet hingga 61 juta orang pada 2012, menurut survey MarkPlus Insight Netizen Survei. Lebih dari 40 persen mengakses internet lebih dari 3 jam per hari. keberadaan perangkat mobile seperti ponsel pintar dan tablet turut mendukung perkembangan internet. Indonesia kini adalah negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia.
Wirausaha muda yang pandai memanfaatkan peluang tentu menjadikan internet sebagai sarana menyukseskan usahanya. Tanpa harus membayar, anak muda bisa mendayagunakan kreativitas usahanya lewat internet. Apalagi, pemuda masa kini hampir tidak ada yang tidak punya akun jejaring sosial.
Sarana promosi tanpa batas
Internet dengan jumlah pengguna ratusan juta orang memiliki fleksibilitas untuk diisi apa saja dan oleh siapa saja tanpa pungutan biaya layaknya beriklan di media lain pada umumnya. Pemuda bisa memanfaatkan Blackberry Messenger, WhatsApp, Twitter, Facebook, LinkedIn, Google+, dan lain-lain secara cuma-cuma dan mudah melalui perangkat elektronik pintar dengan harga yang semakin terjangkau.
Internet sebagai sumber dana
Tidak hanya sebagai sarana promosi, internet juga bisa dijadikan sumber dana. Berbagai website kini menyediakan sarana publikasi penggalangan dana. Selain itu, informasi hibah bisnis khusus anak muda kian marak di dunia maya oleh perusahaan bonafit maupun lembaga pemerintah. Jumlah modal yang dikucurkan tidak sedikit, mencapai ratusan juta.
Pengembangan jejaring
Keterbatasan waktu karena aktivitas sehari-hari seorang pemuda aktif dapat ditunjang melalui penggunaan internet. Dalam konteks bisnis, internet membuka jalan bagi anak muda untuk memperoleh lebih banyak relasi. Relasi sangat penting dalam membangun maupun menjalankan bisnis karena dari situ lah sumber dana dan penjualan diperoleh. Tanpa omzet, apalah arti sebuah usaha.
Pelajari peluang
Melalui internet, pemuda juga bisa mempelajari selera pasar secara lebih dekat seiring perkembangan zaman. Referensi pengalaman kesuksesan bisnis terdahulu pun bisa dipelajari secara gratis. Begitu pula dengan memperoleh inspirasi trik sukses berbisnis di usia muda.
sumber : http://jdacommunity.com/internet-jalan-lahirnya-entrepreneur-muda/

0 komentar:

Posting Komentar